Kamis, 24 Juli 2008

tips manajemen kelas

Tips menangani anak ramai di kelas


Bagi anda yang mengajar terutama sekolah dasar tentu anda akan dipusingkan dengan perilaku anak di dalam kelas yang ribut, main sendiri, suka jalan-jalan di kelas kalau bertanya bersuara keras semua dan bareng-bareng. Saya rasa hampir di semua sekolah mengalami hal ini kecauali kelas yang diatur dengan baik. Bagaimana caranya :

  1. sebelum belajar adakanlah kontrak belajar terlebih dahulu : katakan pada mereka tentang apa yang akan dipelajari dan manfaat yang akan mereka peroleh dan bagaimana mereka seharusnya agar memperoleh manfaat.

  2. berilah reward bagi siswa yang dapat kooperatif dengan anda. Terapkan sistem token artinya setelah anak mendapatkan sepuluh bintang (untuk setiap perilaku adaptif) anda kasih reward. Rewardnya tidak harus barang boleh anda ganti dengan puisi, stiker ( mis: aku anak pandai dan soleh ),atau diumumkan waktu upacara bendera hari senin misalnya untuk pernghargaan anak paling rajin, paling baik pada guru, paling banyak hafalan, dll. Untuk yang satu ini bicarakan dengan sekolah agar anda tidak kehabisan uang he2

  3. beri mereka waktu untuk bermain : alokasikan waktu mungkin 15 menit untuk bermain dengan mereka

  4. pisahkan anak-anak yang potensial jadi trouble maker

  5. sampaikan materi dengan atraktif dan menarik

  6. anda bisa menutup sesi dengan kuis supaya mereka memperhatikan apa yang anda sampaikan

  7. anda jangan kaku dengan suasana kelas, rubah settingnya. Boleh jadi siswa anda menyukai duduk dilantai daripada di kursinya. Dengan kata lain siswa anda suka lesehan

  8. bersikaplah tegas tapi bukan galak. Artinya suara keras terkadang perlu tapi harus melihat waktu, jangan setiap saat karena anda kan diabaikan.

  9. awali pelajaran dengan sesuatu yang berbeda : misalnya anak-anak diminta berdiri selama 5 menit sembari anda menjelaskan materi. Karena duduk dikelas diasosiasikan dengan pengekangan dan D3 (duduk, diam, domblong)

  10. yang terakhir perbaharui niat anda mengajar. Niat yang baik dengan cara yang benar InsyaALLAH akan ALLAH tolong.

  11. berdoalah sebelum dan sesuda mengajar.


Barangkali itu tips yang dapat saya bagi, kalau ini tidak berhasil pada anda, saya harapkan anda lebih kreatif. Selamat mencoba : keberhasilan tergantung dari niat anda, kesungguhan, profesionalitas, dan pertolongan ALLAH SWT.



MAJUKAN PENDIDIKAN INDONESIA



Tidak ada komentar: